Baca Juga
![]() |
Indonesia merupakan negara yang memiliki visi dan misi besar untuk bertransformasi menjadi negara maju baik secara sosial, ekonomi, tata kelola, hukum dan pembangunan. Sebagai negara yang memiliki visi dan misi besar, tentu Indonesia perlu membangun dan melakukan transformasi guna mewujudkan masa depan negara yang diharapkan.(Putri Darwiyani et al., 2023)
Dalam upaya mencapai visi dan misi tersebut, Indonesia memerlukan perhatian yang khusus dalam berbagai aspek guna untuk mencapai tujuan negara. Hal ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2025-2045 atau yang disebut sebagai Indonesia Emas 2045 bahwa Indonesia harus mencapai dan mewujudkan cita-cita negara guna mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan berlandaskan Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan. (Ramadhan, 2024)
Menuju indonesia emas 2045, Perekonomian Indonesia perlu ditata lebih terperinci, mulai dari penataan Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), dan menyeimbangkan perekonomian dengan bidang sosial, politik bahkan perekonomian harus mengikuti kemajuan zaman dengan cara menata perekonomian secara moderenisasi untuk itu tantangan perekonomian negara harus di pecahkan dengan strategi jitu dari berbagai lini aspek sehingga visi-misi Indonesia emas dapat diwujudkan. (Putra, 2022)
Bangsa, indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Salah satu sektor yang menjadi faktor utama dalam ekonomi adalah sektor pertambangan. Pertambangan memiliki dampak positif untuk ekonomi Indonesia salah satunya adalah dengan menarik Investor. (Gonzales, 2022)
Pada era globalisasi yang semakin berkembang, diplomasi perdagangan dan investasi menjadi salah satu instrumen utama untuk suatu negara dalam meningkatkan daya sains ekonominya. Indonesia, sebagai negara dengan potensi ekonomi yang besar, telah mengidentifikasi pentingnya mengadopsi strategi diplomasi perdagangan dan investasi yang efektif untuk mencapai visi "Indonesia Emas 2045".(Tumagor et al., 2024)
Visi ini menetapkan target untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju dan ekonomi terbesar ke-5 di dunia pada tahun 2045. Dimana Indonesia memiliki kekayaan alam dan sumber daya manusia yang melimpah, namun untuk mencapai ambisi Indonesia Emas 2045, perlu diterapkan strategi diplomasi perdagangan dan investasi yang kuat (Tumagor et al., 2024)
Pada UU No.3 Tahun 2020 pemerintah berupaya mendatangkan Investor dengan cara memberlakukan perizinan satu pintu dan memberikan jaminan kepastian hukum kepada Investor. Selain itu, pemerintah juga mewajibkan eksplorasi, hirilisasi dan divestasi saham asing 51%. Dalam memajukan perekonomian negara membutuhkan Generasi muda yang menjadi kekuatan utama suatu bangsa. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang memiliki generasi muda yang hebat, Untuk membantu membangkitkan ekonomi Indonesia hingga menjadi Indonesia Emas 2045.(Gonzales, 2022)
Di era yang semakin menuntur perubahan ini yang menjadi pondasi dalam membangun perekonomian Indonesia adalah para Generasi Z yang memiliki pengaruh besar dalam menentukan arah dan kebijakan masa depan, generasi Z dapat berperan dalam mempromosikan dan memfasilitasi pengembangan ekonomi hijau, Dengan demikian ekonomi hijau dapat menjadi strategi jitu dalam mencapai visi-misi menuju Indonesia emas di 2045. (Kadek, Anynussyawiby, 2017)
Ekonomi hijau merupakan suatu sistem ekonomi yang berfokus pada pembangunan berkelanjutan. memperhatikan dampak lingkungan, sosial dan ekonomi. Ekonomi hijau dapat membantu untuk mengatasi masalah lingkungan dan sosial sambil memperluas pembangunan ekonomi. Dengan mempromosikan dan memfasilitasi pengembangan ekonomi hijau, generasi Z dapat membantu membangun Indonesia Emas 2045, visi ini berfokus pada upaya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju di tahun 2045. (Kadek, Anynussyawiby, 2017)
Bukan hanya ekeonomi hijau sebagai langkah altrenatif dalam upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045 tentu Indonesia harus membentuk dan menciptakan transformasi ekonomi digital yang berbasis smart leadership dalam mentransformasikan visi dan misi tersebut. Transformasi ekonomi digital merupakan salah satu agenda dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 atau yang dikenal dengan Indonesia Emas 2045. (Hasudungan & Kurniawan, 2018)
Kini transformasi ekonomi digital di dunia telah bergerak dengan cepat dan merubah paradigma ekonomi dan sosial dalam masyarakat global. Hal ini dapat dibuktikan dengan transformasi ekonomi digital di Indonesia yang telah tumbuh secara signifikan dari 41 miliar dollar pada tahun 2019 kini menjadi 77 miliar dollar pada tahun 2022 dan diprediksi akan mencapai sekitar 130 miliar dollar pada tahun 2025. (Kementerian Keuangan Republik Indonesia, 2023). Hal ini berkesinambungan dalam proses globalisasi yang terjadi di tengah masyarakat Indonesia seperti penggunaan e-Commerce, transportasi berbasis online, pengiriman makanan bersifat delivery order, media online dan lain sebagainya (Ramadhan, 2024)
Referensi
Gonzales, R. (2022). Memaksimalkan potensi generasi muda di industri pertambangan untuk meningkatkan ekonomi Indonesia menuju Indonesia Emas 2045: Generasi Muda Untuk Bangsa. Jurnal Himasapta, 7(1), 39. https://doi.org/10.20527/jhs.v7i1.5344.
Hasudungan, A. N., & Kurniawan, Y. (2018). Meningkatkan Kesadaran Generasi Emas Indonesia Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Inovasi Digital Platform www.indonesia2045.org. 1(September), 51–58.
https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/263.
Kadek, Anynussyawiby, G. (2017). Peran Generasi Z Dalam Mendukung Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Hijau Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 51–66. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1
Putra, F. A. (2022). Menjaga ketahanan pangan dengan berinovasi di era digital agar menjadi penggerak ekonomi nasional menuju indonesia emas 2045. Semagri, 2(1), 16–22.
Putri Darwiyani, A., Ahda Mahira, A., & Maharani, M. (2023). Fenomena Penggunaan QRIS dalam Pembangunan Ekonomi Kreatif Menuju Indonesia Emas 2045. Prosiding Seminar Nasional Perukaran Mahasiswa Merdeka, 1(1), 10–18.
Ramadhan, F. V. (2024). Transformasi Ekonomi Digital Indonesia Dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045: Pemikiran Prof. Nurcholish Madjid. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 1. https://doi.org/10.29040/jiei.v1i1.11593
Tumagor, M., Pertahanan, E., Pertahanan, M., Pertahanan, U., Indonesia, R., Kawasan, A., Sentul, I., Citeureup, K., Bogor, K., & Barat, J. (2024). Strategi Diplomasi Perdagangan Dan Investasi Menuju Indonesia Emas 2045. 11(2).
Nama: Ruwia pattiasina
Npm : 202214500141
Kelas : R4b