Baca Juga
Pendidikan adalah elemen yang penting bagi manusia
yang terus mengalami perubahan. Semakin berkembangnya zaman, pendidikan di
Indonesia dari masa ke masa terus melangkah maju dalam memberikan upaya
pendidikan yang lebih baik bagi generasi penerus yang ada di Indonesia. Apalagi
saat ini, ditengah gempuran yang semakin maju pada Teknologi innformasi dan
Komunikasi (IPTEK) yang memungkinkan komunikasi dan interaksi informasi
berlangsung dengan cepat karena globalisasi (Verdinandus Lelu Ngono
and Taufik Hidayat 2019). Perkembangan pendidikan di era digital saat ini di
Indonesia dapat berdampak baik maupun buruk. Era digital juga telah memberikan
peluang baru untuk belajar dan mengembangkan diri, dengan akses pendidikan yang
lebih luas dan merata bagi semua orang.
Pendidikan di Indonesia telah mengalami perkembangan
yang signifikan di era digital saat ini. Perkembangan ini menciptakan perubahan
suatu pradigma baru dalam proses pembelajaran dan mempengaruhi seluruh aspek di dunia
pendidikan. Terdapat salah satu faktor yang mendorong perkembangan pendidikan
di era digital ini untuk meningkatkan kebutuhan mempersiapkan generasi muda. Di
era digital saat ini pendidikan di indonesia semakin maju membawa perubahan
yang mendalam dalam semua aspek kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan (Rachmi 2024). Pendidikan di era digital ini memiliki manfaat yaitu
fleksibilitas dan aksesibilitas yang lebih besar. Seperti, peserta didik dapat
belajar secara fleksibel dan kapan saja karena tidak ada batasan fisik oleh
ruangan kelas. Peserta didik juga dapat belajar pembelajaran dengan jarak jauh
dan pembelajaran online menjadi lebih umum.
Di era digital ini teknologi banyak berkembang dan telah banyak mengubah berbagai hal dalam kehidupan, untuk kepentingan pendidikan. Dengan demikian, kita dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di Indonesia (Rachmi 2024). Perkembangan teknologi telah memungkinkan bagi peserta didik untuk dapat belajar secara mandiri dan lebih cepat. Dengan adanya platform pembelajaran online, peserta didik dapat mengakses secara sendiri materi-materi yang diperlukan dan juga memantau kemajuan mereka sendiri. Karena perkembangan teknologi yang telah memudahkan bagi peserta didik untuk mengakses informasi lebih luas dan lebih cepat. Selain itu, peserta didik dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan menantang, dengan menghadirkan teknologi seperti aplikasi pembelajaran kreatif dan permainan edukatif menjadikan pengalaman belajar lebih interaktif dan menarik. Namun, perlu keseimbangan juga agar esensi pendidikan tradisional terjaga. Peserta didik harus bisa mampu berkomunikasi dan beradaptasi dengan baik dalam perkembangan pendidikan di Indonesia saat ini, dengan hal perkembangan teknologi.
Namun, dengan semua kemajuan teknologi ini, terdapat tantangan yang muncul dalam pendidikan di era digital yang tidak boleh kita abaikan. Seperti salah satu tantangan yang utama adalah kesenjangan digital. Meskipun teknologi yang ada di Indonesia merata di berbagai wilayah, namun masih ada wilayah-wilayah yang tidak dapat memiliki akses yang memadai ke infrastruktur teknologi. Ketimpangan kesenjangan pendidikan ini membuat mereka kurang beruntung dan dapat membatasi kesempatan belajar. Selain itu, perubahan pada pradigma pembelajaran juga menjadi tantangan yang harus dihadapi (Rachmi 2024). Guru dapat beradaptasi dengan peran mereka yang harus berubah menjadi fasilitator dan pemandu pembelajaran dikarenakan perkembangan teknologi ini Guru perlu meningkatkan kompetensinya dan mampu menguasai keterampilan baru untuk merancang kurikulum yang dinamis dan adaptif untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam menggunakan teknologi digital untuk mendukung proses pembelajaran, dan dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih dinamis dan interaktif (Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, and Ibrahim Arifin 2023).
Aspek lain yang perlu juga
diperhatikan adalah keamanan dan privasi dalam lingkungan digital. Dengan
banyaknya data peserta didik yang dikumpulkan melalui platform pembelajaran
online, perlu adanya upaya ekstra untuk memastikan apakah informasi pribadi
peserta didik terlindungi dengan baik atau tidak guna menghadapi ancaman cyber
serta potensi penyalahgunaan informasi. Institusi pendidikan dan penyedia
teknologi perlu bekerja sama untuk melindungi data dan privasi peserta didik,
serta mengajarkan literasi digital yang meliputi pemahaman tentang keamanan
online, perlindungan privasi, dan etika digital (Rachmi 2024). Guru dapat memantau kemajuan peserta didik secara
efektif dan memberikan bimbingan yang tepat. Di balik kemajuan teknologi informasi saat ini
ternyata terdapat berbagai efek negatif atau seberapa besarnya pengaruh era
digital yang ditimbulkan pada dunia pendidikan, seperti membuat peserta didik menjadi tidak fokus, peserta didik menjadi lebih suka game online, bisa menurunkan
kemauan peserta didik dalam belajar, mudahnya
pengaruh pergaulan bebas dari luar, dan menyebabkan pornografi di kalangan peserta didik.
Dalam rangka meraih
potensi penuh pendidikan di era digital ini, perlu adanya kolaborasi antara
pemerintah, sekolah, universitas, industri teknologi, dan masyarakat itu
sangatlah penting. Upaya yang perlu pemerintah lakukan adalah harus menyediakan
fasilitas yang memadai dan akses teknologi yang merata untuk menjangkau usia
pendidikan era digital saat ini, melakukan pelatihan untuk mengoptimalkan penggunaan
teknologi dalam hal pembelajaran, dan konten pendidikan yang inklusif (Rachmi 2024). Selain itu, dengan
perubahan pradigma pembelajaran menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh
guru. Guru perlu beradaptasi dengan peran mereka yang harus berubah dan perlu
menguasai keterampilan baru. Selain menjadi pihak paling penting dan sentral
dalam pendidikan, Orang tua memainkan peran penting dalam pendidikan, terutama
di era digital saat ini. Kontrol orang tua atas penggunaan perangkat elektronik
seperti gadget itu sangat penting. Akibatnya, kita dapat bekerja sama untuk
mengatasi tantangan pendidikan di era digital ini dan memanfaatkan peluang
untuk membuat pendidikan yang relevan dan lebih baik untuk generasi masa depan.
Referensi
Andi Sadriani, M. Ridwan
Said Ahmad, and Ibrahim Arifin. 2023. “Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi
Pendidikan Di Era Digital.” Seminar Nasional Dies Natalis 62 1: 32–37.
Rachmi, Surachman A, Eka
Putri D, Nugroho A, Salfin. 2024.
“52-63+Transformasi+Pendidikan+di+Era+Digital.” Jurnal of International
Multidisciplinary Research 2: 52–63.
Verdinandus Lelu Ngono,
and Wijayanto Taufik Hidayat. 2019. “Pendidikan Di Era Digital.” Jurnal
Seminar Nasional Pendidikan: 628–38.
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/3093.
Nama : Nur zalfa maulida (202214500163)
Kelas : R4B