Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

03 July 2024

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL: MANFAAT, TANTANGAN, DAN STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI INDONESIA

Baca Juga



Pendidikan adalah elemen yang penting bagi manusia yang terus mengalami perubahan. Semakin berkembangnya zaman, pendidikan di Indonesia dari masa ke masa terus melangkah maju dalam memberikan upaya pendidikan yang lebih baik bagi generasi penerus yang ada di Indonesia. Apalagi saat ini, ditengah gempuran yang semakin maju pada Teknologi innformasi dan Komunikasi (IPTEK) yang memungkinkan komunikasi dan interaksi informasi berlangsung dengan cepat karena globalisasi (Verdinandus Lelu Ngono and Taufik Hidayat 2019). Perkembangan pendidikan di era digital saat ini di Indonesia dapat berdampak baik maupun buruk. Era digital juga telah memberikan peluang baru untuk belajar dan mengembangkan diri, dengan akses pendidikan yang lebih luas dan merata bagi semua orang.

Pendidikan di Indonesia telah mengalami perkembangan yang signifikan di era digital saat ini. Perkembangan ini menciptakan perubahan suatu pradigma baru dalam proses pembelajaran  dan mempengaruhi seluruh aspek di dunia pendidikan. Terdapat salah satu faktor yang mendorong perkembangan pendidikan di era digital ini untuk meningkatkan kebutuhan mempersiapkan generasi muda. Di era digital saat ini pendidikan di indonesia semakin maju membawa perubahan yang mendalam dalam semua aspek kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan (Rachmi 2024). Pendidikan di era digital ini memiliki manfaat yaitu fleksibilitas dan aksesibilitas yang lebih besar. Seperti, peserta didik dapat belajar secara fleksibel dan kapan saja karena tidak ada batasan fisik oleh ruangan kelas. Peserta didik juga dapat belajar pembelajaran dengan jarak jauh dan pembelajaran online menjadi lebih umum.

Di era digital ini teknologi banyak berkembang dan telah banyak mengubah berbagai hal dalam kehidupan, untuk kepentingan pendidikan. Dengan demikian, kita dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di Indonesia (Rachmi 2024). Perkembangan teknologi telah memungkinkan bagi peserta didik  untuk dapat belajar secara mandiri dan lebih cepat. Dengan adanya platform pembelajaran online, peserta didik dapat mengakses secara sendiri materi-materi yang diperlukan dan juga memantau kemajuan  mereka sendiri. Karena perkembangan teknologi yang telah memudahkan bagi peserta didik untuk mengakses informasi lebih luas dan lebih cepat. Selain itu, peserta didik dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan menantang, dengan menghadirkan teknologi seperti aplikasi pembelajaran kreatif dan permainan edukatif menjadikan pengalaman belajar lebih interaktif dan menarik. Namun, perlu keseimbangan juga agar esensi pendidikan tradisional terjaga. Peserta didik harus bisa mampu berkomunikasi dan beradaptasi dengan baik dalam perkembangan pendidikan di Indonesia saat ini, dengan hal perkembangan teknologi.

Namun, dengan semua kemajuan teknologi ini, terdapat tantangan yang muncul dalam pendidikan di era digital yang tidak boleh kita abaikan.  Seperti salah satu tantangan yang utama adalah kesenjangan digital. Meskipun teknologi yang ada di Indonesia merata di berbagai wilayah, namun masih ada wilayah-wilayah yang tidak dapat memiliki akses yang memadai ke infrastruktur teknologi. Ketimpangan kesenjangan pendidikan ini membuat mereka kurang beruntung  dan dapat membatasi kesempatan belajar. Selain itu, perubahan pada pradigma pembelajaran juga menjadi tantangan yang harus dihadapi (Rachmi 2024). Guru dapat beradaptasi dengan peran mereka yang harus berubah menjadi fasilitator dan pemandu pembelajaran dikarenakan perkembangan teknologi ini Guru perlu meningkatkan kompetensinya dan mampu menguasai keterampilan baru untuk merancang kurikulum yang dinamis dan adaptif untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam menggunakan teknologi digital untuk mendukung proses pembelajaran, dan dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih dinamis dan interaktif  (Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, and Ibrahim Arifin 2023).

Aspek lain yang perlu juga diperhatikan adalah keamanan dan privasi dalam lingkungan digital. Dengan banyaknya data peserta didik yang dikumpulkan melalui platform pembelajaran online, perlu adanya upaya ekstra untuk memastikan apakah informasi pribadi peserta didik terlindungi dengan baik atau tidak guna menghadapi ancaman cyber serta potensi penyalahgunaan informasi. Institusi pendidikan dan penyedia teknologi perlu bekerja sama untuk melindungi data dan privasi peserta didik, serta mengajarkan literasi digital yang meliputi pemahaman tentang keamanan online, perlindungan privasi, dan etika digital (Rachmi 2024). Guru dapat memantau kemajuan peserta didik secara efektif dan memberikan bimbingan yang tepat. Di balik kemajuan teknologi informasi saat ini ternyata terdapat berbagai efek negatif atau seberapa besarnya pengaruh era digital yang ditimbulkan pada dunia pendidikan, seperti membuat peserta didik menjadi tidak fokus, peserta didik menjadi lebih suka game online, bisa menurunkan kemauan peserta didik dalam belajar, mudahnya pengaruh pergaulan bebas dari luar, dan menyebabkan pornografi di kalangan peserta didik.

Dalam rangka meraih potensi penuh pendidikan di era digital ini, perlu adanya kolaborasi antara pemerintah, sekolah, universitas, industri teknologi, dan masyarakat itu sangatlah penting. Upaya yang perlu pemerintah lakukan adalah harus menyediakan fasilitas yang memadai dan akses teknologi yang merata untuk menjangkau usia pendidikan era digital saat ini, melakukan pelatihan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam hal pembelajaran, dan konten pendidikan yang inklusif (Rachmi 2024). Selain itu, dengan perubahan pradigma pembelajaran menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh guru. Guru perlu beradaptasi dengan peran mereka yang harus berubah dan perlu menguasai keterampilan baru. Selain menjadi pihak paling penting dan sentral dalam pendidikan, Orang tua memainkan peran penting dalam pendidikan, terutama di era digital saat ini. Kontrol orang tua atas penggunaan perangkat elektronik seperti gadget itu sangat penting. Akibatnya, kita dapat bekerja sama untuk mengatasi tantangan pendidikan di era digital ini dan memanfaatkan peluang untuk membuat pendidikan yang relevan dan lebih baik untuk generasi masa depan.


 

Referensi

Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, and Ibrahim Arifin. 2023. “Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Era Digital.” Seminar Nasional Dies Natalis 62 1: 32–37.

Rachmi, Surachman A, Eka Putri D, Nugroho A, Salfin. 2024. “52-63+Transformasi+Pendidikan+di+Era+Digital.” Jurnal of International Multidisciplinary Research 2: 52–63.

Verdinandus Lelu Ngono, and Wijayanto Taufik Hidayat. 2019. “Pendidikan Di Era Digital.” Jurnal Seminar Nasional Pendidikan: 628–38. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/3093.



Nama : Nur zalfa maulida (202214500163)

Kelas : R4B

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman