Baca Juga
Otomatisasi teknologi merupakan sistem yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas yang dapat dikontrol melalui smartphone. Otomatisasi teknologi saat ini memainkan peran yang sangat penting dalam pendidikan dan berdampak signifikan terhadap pasar tenaga kerja. Otomatisasi teknologi meningkat pesat karena kemajuan kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML). Kemajuan ini berdampak besar pada masyarakat dan dunia kerja secara keseluruhan. Otomatisasi, yaitu penerapan teknologi untuk melakukan tugas yang sebelumnya dilakukan oleh manusia (Rayyan, 2024). Saat ini, kemajuan teknologi secara radikal mengubah pendidikan, perekonomian, dan keterampilan menjadi semakin penting di dunia pendidikan dan pasar kerja. Keterampilan digital semakin menjadi kebutuhan dalam pendidikan dan dunia kerja, di mana para pendidik mengadaptasi kurikulum untuk mempersiapkan generasi dengan keterampilan yang tepat dan kemampuan beradaptasi terhadap tantangan perubahan teknologi serta tenaga kerja untuk meningkatkan inovasi dan efisiensi.
Teknologi
berubah dengan cepat, dan dunia kerja saat ini juga berubah dengan cepat karena
terus berkembangnya teknologi digital. Tantangan terbesar bagi lulusan sekolah
kejuruan adalah memperbarui keterampilan
mereka untuk memenuhi permintaan pasar. Kesenjangan keterampilan yang diajarkan
di sekolah kejuruan berbeda dengan kebutuhan industri. Oleh karena itu, lulusan
harus memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh bisnis
modern, termasuk pengetahuan tentang teknologi terkini.. Adanya persaingan
global, di era komputer dan internet saat ini, persaingan tidak hanya terjadi
di wilayah lokal tetapi juga di seluruh dunia. Lulusan SMK harus mampu
beradaptasi dengan cepat, memahami tren global, dan bersaing dengan kandidat
dari berbagai latar belakang (Mahendra, 2023). Kesenjangan
keterampilan ini semakin terlihat di sektor teknologi, karena banyak lulusan
yang menghadapi tantangan akibat program pendidikan yang tidak mengajarkan
keterampilan secara menyeluruh. Institusi pendidikan harus bermitra dengan
program pelatihan untuk mengembangkan program yang mempersiapkan lulusannya
memasuki dunia kerja.
Transformasi
digital berperan dalam meningkatkan efisiensi pembelajaran melalui platform
online dan sumber daya digital. Selain itu, teknologi juga memberikan efek
umpan balik dengan mempercepat proses pembelajaran dan pengembangan sebagai
respons terhadap perkembangan pendidikan. Dari hasil riset menunjukkan bahwa
teknologi digital telah memberikan banyak manfaat bagi pendidikan, seperti
membuat pembelajaran jarak jauh lebih mudah, membuat platform online bekerja
lebih baik, dan memberikan penggunaan multimedia dan interaktif yang lebih
baik. Namun, ada beberapa masalah yang harus diperhatikan saat menggunakan
teknologi digita (Salsabila, 2024).
Tahun
ajaran baru 2022/2023 diawali dengan 143.265 sekolah di seluruh Indonesia
mendaftar untuk melaksanakan program pendidikan mandiri. Program Merdeka
dirancang untuk merevitalisasi pendidikan melalui pembelajaran bermakna,
menyenangkan dan relevan sesuai karakteristik satuan pendidikan. Tujuan program ini adalah membentuk peserta didik
Pancasila yang kritis, kreatif, mandiri, bertakwa, bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, gotong royong dan menjembatani keberagaman alam
semesta (nita isaeni, 2022). Program
ini bertujuan untuk menyederhanakan dan meningkatkan pembelajaran, sekaligus
meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. .Pelatihan
yang efektif, komunikasi yang efektif dan mendorong guru untuk lebih
berpartisipasi dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran adalah penting
dalam pelaksanaan program ini. Oleh karena itu, teknologi diperlukan untuk
mencapai hasil jangka panjang yang
signifikan (Bowo, n.d.).
UNESCO
menyatakan bahwa literasi digital merupakan konsep dasar yang membantu memahami
alat komunikasi, teknologi, dan informasi. Penguasaan teknologi informasi (TIK)
dilihat dari dua sudut pandang. Pertama, literasi teknologi, yang sebelumnya
dikenal sebagai literasi komputer, mengacu pada pemahaman terhadap 4.444
teknologi digital, termasuk keterampilan pengguna dan teknis. Kedua, literasi
informasi berfokus pada bidang pengetahuan, seperti kemampuan mendeskripsikan,
membedakan, mengolah, dan memanfaatkan data digital secara optimal. Konsep ini
sejalan dengan terminologi yang diperkenalkan UNESCO pada tahun 2011 bahwa
kegiatan literasi seperti membaca dan menulis harus ada dalam kehidupan
sehari-hari dan kegiatan tersebut erat
kaitannya dengan pendidikan. (Nurkhalizah, 2024). Penting untuk meningkatkan
pengetahuan digital dan kemampuan teknis siswa untuk memenuhi tuntutan dunia
kerja yang semakin digital.Siswa harus memiliki pemahaman yang kuat tentang
cara menggunakan teknologi, termasuk keterampilan dasar seperti penanganan
data, navigasi situs web, dan keamanan digital. Kurikulumnya harus mencakup
pelatihan literasi digital yang
komprehensif untuk memastikan bahwa setiap siswa dapat berpartisipasi aktif
dalam ekosistem teknologi modern dan mengembangkan keterampilan yang tepat
untuk masa depan.
Pendidikan
4.0 membutuhkan teknologi, yang memungkinkan guru berkolaborasi lebih baik
dengan siswa. Pengembangan sumber daya manusia telah menjadi prioritas utama
dalam strategi pembangunan masa depan Indonesia
untuk mencapai pertumbuhan
ekonomi yang diperlukan guna meningkatkan kesejahteraan orang (Nagel, 2022). Mengintegrasikan
teknologi digital ke dalam sistem pendidikan penting dilakukan untuk
menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dalam menghadapi transformasi
ekonomi saat ini. Dengan memanfaatkan teknologi, pendidikan dapat memberikan
pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan responsif terhadap industri,
mempersiapkan siswa dengan keterampilan seperti pemrograman, analisis data, dan
inovasi teknologi. Hal ini tidak hanya meningkatkan daya saing lulusan dalam
pasar kerja global yang semakin terhubung, namun juga membuka peluang untuk
menciptakan inovasi baru yang mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.
Selain itu, teknologi digital membuat pendidikan lebih terjangkau dan inklusif.
(Riana, 2024)
Kolaborasi
antara institusi pendidikan dan industri
teknologi diperlukan untuk mempercepat transformasi digital di bidang
pendidikan. Melalui kolaborasi ini, institusi pendidikan dapat lebih memahami
kebutuhan industri dan tren teknologi terkini, sehingga mereka dapat
menyesuaikan program dan metode pengajarannya untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja.
Sebaliknya, industri teknologi dapat menyediakan sumber daya, pengetahuan dan
pengalaman praktis yang memperkaya pengalaman belajar siswa dan membekali
mereka dengan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi perekonomian
digital yang berkembang pesat. Kolaborasi ini juga dapat membantu menciptakan
program yang lebih sesuai dengan kebutuhan abad ke-21 industri teknologi dapat
berkontribusi pada keterampilan (Jutawan, 2023)
DAFTAR
PUSTAKA
Bowo, V. (n.d.). peran teknologi dalam transformasi
pendidikan di indonesia. Scribd.
https://www.scribd.com/document/717406612/LAPORAN-LENGKAP-Oliver-Wyman-B-Indonesia-compressed
Jutawan.
(2023). Kolaborasi Guru Teknologi: Berbagi Ide dan Riset untuk Kemajuan
Pendidikan. Blog.Unnmaha.
https://blog.unmaha.ac.id/kolaborasi-guru-teknologi-berbagi-ide-dan-riset-untuk-kemajuan-pendidikan
Mahendra,
R. (2023). Tantangan dan Peluang Lulusan SMK Era Digital: Menghadapi Dunia
Kerja yang Terus Berkembang. Kompasiana.
https://www.kompasiana.com/radevamahendra2130/65842d3612d50f39b16afed2/tantangan-dan-peluang-lulusan-smk-era-digital-menghadapi-dunia-kerja-yang-terus-berkembang
Nagel,
J. (2022). Peningkatan SDM Indonesia yang Berdaya Saing melalui Pendidikan di
Era Transformasi Digital dan Teknologi yang Berkelanjutan. Itats.
https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/1212
nita
isaeni, amar nugraha. (2022). Teknologi
dalam Transformasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Direktorat Guru
Pendidikan Dasar.
https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/teknologi-dalam-transformasi-pembelajaran-kurikulum-merdeka
Nurkhalizah,
S. (2024). Peran Literasi Digital di Era Teknologi dalam Meningkatkan
Kualitas Pendidikan. Indonesiana.
https://www.indonesiana.id/read/171467/peran-literasi-digital-di-era-teknologi-dalam-meningkatkan-kualitas-pendidikan
Rayyan.
(2024). Perkembangan Teknologi Dan Otomatisasi: Tantangan Dan Peluang Di Era
Digital. Kepedia..Co.Id. https://kepedia.co.id/perkembangan-teknologi-dan-otomatisasi#google_vignette
Riana,
W. (2024). Mereformasi Sistem Pendidikan, Merangkul Teknologi Digital untuk
Pembelajaran Abad 21. Good News from Indonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2024/04/28/mereformasi-sistem-pendidikan-merangkul-teknologi-digital-untuk-pembelajaran-abad-21
Salsabila, bunga audrya. (2024). Dampak Teknologi
Digital terhadap Pendidikan di Era Modern. Kumparan.Com. https://kumparan.com/bungaaudryasalsabilla123/dampak-teknologi-digital-terhadap-pendidikan-di-era-modern-22icoOrk6zg/full
Penulis: Rizka Dwicahya Kusumaningtyas (202214500087) - R4A