Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

05 July 2024

Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Era Digital

Baca Juga


Di era teknologi yang serba digital, informasi telah menjadi bagian dalam keseharian. Media sosial merupakan salah satu teknologi informasi yang tidak hanya digunakan untuk komunikasi dan hiburan saja tetapi juga memiliki potensi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Pemanfaatan media sosial sebagai sarana belajar yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terkait minat dan kemampuan siswa dalam mengenali serta bermain teknologi, penggunaan yang bermanfaat dalam menggunakan media sosial untuk kepentingan dalam pendidikan.(Irawan, 2022)

Tingkat penggunaan media sosial yang tinggi menunjukkan bahwa media sosial memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital sebagai alat pembelajaran. Dalam beberapa survei yang dilakukan pertahunnya banyak masyarakat yang menggunakan media sosial, penggunaannya pun meningkat dari tahun ke tahun.(Putri, 2024)

Di era digital saat ini, banyak yang menggunakan media sosial hanya sekedar untuk berinteraksi sosial saja, tetapi juga menjadi pintu gerbang untuk mengakses informasi dan sumber belajar. Pada realitanya media social dapat digunakan untuk melakukan kelas pembelajaran secara virtual, sarana berdiskusi, berbagai bahan ajar video dan audiovisual, serta untuk berbagi informasi seputar pelajaran yang terkait. Ini tidak hanya memperluas wawasan, tetapi juga memungkinkan untuk terlibat dalam diskusi dan kolaborasi dengan para ahli dan rekan sejawat dari seluruh dunia.(Nasution, 2020) Dengan demikian, integrasi media sosial dalam pembelajaran dapat signifikan meningkatkan kualitas pendidikan.

Pengaruh terhadap kualitas belajar juga terbukti signifikan terhadap kualitas pembelajaran di era digital saat ini. Berdasarkan dari berbagai penelitian, penggunaan media sosial sangat berpengaruh dalam pencapaian hasil belajar secara keseluruhan. Sehingga sangat berperan dalam peningkatan motivasi belajar.(Widiasih, Rita; Widodo, Joko; Krtini, 2018) Jika penggunaan media sosial naik maka hasil belajar akan naik, begitupun sebaliknya.

Manfaat penggunaan media sosial juga dapat membantu siswa untuk mengakses informasi yang tidak terbatas. Pembelajaran harus disesuaikan dengan karkter dan tipe pembelajaran pada peserta didik. Di mana practitioner bukan berperan sebagai pengendali dalam proses belajar, tetapi melibatkan peserta didik secara aktif.(Pujiono, 2021) Dengan demikian, media pembelajaran melalui media sosial dapat meningkatkan keterampilan teknologi siswa dan kesadaran mereka dalam menggunakan media sosial secara positif dan produktif. Serta dapat memanfaatkan platform – platform media sosial untuk mengakses informasi dengan cepat dan efisien dari berbagai sumber. Hal ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar saja, tetapi juga mengembangkan keterampilan dan sikap kolaboratif yang penting dalam kehidupan nyata.

Dalam dunia pendidikan, media sosial juga telah membawa perubahan yang signifikan. Namun, pengaruh media sosial terhadap kualitas pendidikan terdapat dampak positif dan negatif yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan seksama.(Octa, 2023) Secara positif, media sosial memungkinkan akses mudah terhadap informasi dan sumber belajar dari berbagai sudut pandang dan ahli di seluruh dunia. Hal ini dapat memperkaya pemahaman siswa dan membantu mereka belajar secara mandiri. Media sosial juga memfasilitasi kolaborasi antara siswa dan guru, serta memperluas jaringan profesional dan akademik mereka. Namun, terdapat beberapa dampak negatif yang perlu diwaspadai. Misalnya, informasi yang tidak akurat atupun tidak valid dapat dengan mudah penyebarannya sehingga menyebabkan kebingungan atau kesalahpahaman di antara siswa. Selain itu, menggunakan media sosial jika berlebihan dapat mengganggu konsentrasi dan fokus belajar, serta mempengaruhi keseimbangan waktu antara belajar dan aktivitas lainnya. Pentingnya pendekatan yang bijak dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat pembelajaran, dengan memastikan bahwa informasi yang diperoleh valid dan kredibel, serta mengelola waktu penggunaan media sosial agar tidak mengganggu proses belajar yang efektif.


Referensi

Irawan, R. (2022, June). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/riairawan7945/62b096a279016945466a40c3/pemanfaatan-media-sosial-sebagai-media-pembelajaran-di-era-digital

Nasution, A. K. P. (2020). INTEGRASI MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN GENERASI Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13, 81–86. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=akses+media+sosial+ke+informasi+dan+sumber+belajar+&btnG=#d=gs_qabs&t=1719930191578&u=%23p%3DYHj8eiE6hNQJ

Octa, A. (2023, June). Dampak Positif dan Negatif Media Sosial terhadap Kualitas Pendidikan di Era Digital. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/adityaocta6128/648bfc4c4addee21e90b3ac3/dampak-positif-dan-negatif-media-sosial-terhadap-kualitas-pendidikan-di-era-digital

Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didaché: Journal of Christian Education, 2, 1–19. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=peran+media+sosial+dalam+konteks+pendidikan&oq=#d=gs_qabs&t=1719985080124&u=%23p%3DgLNm0fGzXiEJ

Putri, N. A. (2024, February). Tren Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa. Osc.Medcom.Id. https://osc.medcom.id/community/tren-penggunaan-media-sosial-di-kalangan-mahasiswa-6439#:~:text=Survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara,yang mencapai 94%2C64%25

Widiasih, Rita; Widodo, Joko; Krtini, T. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERVARIASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(Vol 11 No 2 (2017)), 103–107. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/6454

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman