Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

04 July 2024

Pendidikan Kurikulum Merdeka

Baca Juga


 

Pendahuluan : Pendidikan saat ini di Indonesia sangat mengalami pergeseran yang menuju kurikulum merdeka dengan mengembangkan komptensi peserta didik.

- Dampak dari kurikulum merdeka yang tidak bisa terlepas dari gadget yang sudah di zaman serba digital

Pada era digital zaman ini menjadi salah satu tolak ukur kurikulum merdeka belajar, kemudian penerapan pada konsep pendidikan di Indonesia saat ini sering kali tidak sesuai dengan keadaan murid atau siswa dan para guru. Sehingga, konsep terhadap kurikulum merdeka ini di cetuskan oleh Menteri pendidikan Indonesia Nadiem Makarim ia menjawab bahwa faktor pendidikan di era ini yang menjadi solusi dalam permasalahan bagi seluruh siswa dan para orang tua. (Boang Manalu et al n.d)

- Hakikat yang terdapat dari kurikulum dalam pedidikan di indonesia

Ia menjelaskan bahwa paket kurikulum merdeka ini merupakan bertujuan untuk mencapai kompetensi siswa yang ingin dicapai dan kurikulum merdeka tersebut menilai siswa sejauh mana efektivitas rangkaian pada sistem pembelajaran yang sudah di laksanakan oleh pemerintah dapat di sampaikan dengan baik oleh pengajar. (Lestari et al. 2023)

- Pengembangan kepada Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

Pendidikan tersebut harus di evakuasikan secara inovatif, dinamis dan secara berkala sesuai dengan perkembangan di era zaman ini dan iptek. Kopensisi yang di perlukan oleh masyarakat setempat dan bagi pengguna kelulusan. Kemudian, adanya wujudan proses pembelajaran yang lebih otonom dan lebih fleksibel sehingga adanya tercipta kultu belajar yang inovatif, tidak mengekang siswa. (Suryaman, 2020)

- Deskripsi tujuan konsep terhadapat implementasi pada kurikulum merdeka

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep-konsep dalam penerapan kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah dengan meninjau berbagai artikel atau surat kabar yang berkaitan dengan topik penelitian tersebut. (Abdul Fattah Nasution et al 2023)

- Program P5 dalam Kurikulum Merdeka Belajar

Metode penelitian yang di lakukan pada kali ini adalah wawancara dan observasi. Dari beberapa subjek penelitian yang memiliki keterkaitan dan kesinambungan antara keduanya, Lalu data yang telah di kumpulkan di di analisis untuk memperoleh keaslian data tersebut. (Suzetasari et al., 2023)

- Pembahasan terhadap keunggulan kurikulum merdeka di Indonesia

Pembahasan ini terfokus pada manfaat kurikulum merdeka sebagai kurikulum baru yang membantu guru atau sekolah belajar dan mengajar sesuai dengan bakat, kemampuan, atau minat siswa. Kemudian, dari artikel ini adalah program pembelajaran mandiri ini telah membawa banyak perubahan positif kedalam dunia pendidikan di Indonesia. Penjelasan ini membuat pembaca untuk mengenal lebih jauh tentang kurikulum merdeka sebagai kurikulum baru, manfaat atau kelebihannya bagi satuan pendidikan atau peserta didik. (Pendidikan et al , n.d)

REFERENSI

Abdul Fattah Nasution, Setia Ningsih, Mona Febrica Silva, Leli Suharti, & Jekson Parulian Harahap. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201–211. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37

Boang Manalu, J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (n.d.). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 02(05). https://lipi.go.id/id/

Pendidikan, J., Jupetra, T. (, Arsyad, R., Asbari, F., & Santoso, G. (n.d.). Kurikulum Merdeka dan Keunggulannya dalam Penciptaan Perubahan di Dunia Pendidikan. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8

Suryaman, M. (2020). Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/Tersediadi:https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/

Suzetasari, M. V., Hidayati, D., & Zakiyah, R. H. (2023). Manajemen Pendidikan Program P5 Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2968–2976. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6106


Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman