Baca Juga
Pendahuluan: menjadikan acuan kreativitas mengajar dengan meningkatkan cara mengajar dan mengubah metode pembelajaran dengan menyesuaikan karakteristik para peserta didik.
Pembelajaran jarak jauh memberikan perubahaan pada kamauan minat belajar peserta didik dan menyebabkan hasil belajar yang kurang maksimal pada setiap peserta didik. Pembelajaran jarak jauh ini kurang efektif karna hanya menatap layar dan tidak bertemu langsung dengan pengajar sehingga materi yang jelaskan oleh pengajar tidak tersampaikan dengan baik kepada para peserta didik.(Wijaya et al., 2022)
Setiap peserta didik dituntut untuk memiliki potensi, yang harus dimiliki siswa adalah kompetensi 4C. Kompetensi 4C sangat di perlukan untuk meningkatkan model pembelajaran saat ini, dengan itu peserta didik berpotensi dalam peningkatan pendidikan yang berkualitas serta kreativitas dalam peningkatan mutu pendidikan.(22453-Article Text-74199-1-10-20231220 (1), n.d.)
Guru berperan penting dalam memberikan fasilitas metode pembelajaran yang aktif dan kondusif sehingga guru dapat meningkatkan kemandirian peserta didik serta mendapatkan pendidikan yang jauh lebih efektif, lingkungan sekolah bisa menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan pembelajaran yang kondusif dengan mendukung pengembangan karakter pada peserta didik.(Wiyatun, 2023)
Pendekatan ini menunjukkan pembelajaran (TaRL) membuat pembelajaran semakin hidup dan menjadi lebih menyenangkan sehingga peserta didik semakin memiliki semangat dalam membangun minat belajar dalam diri peserta didik itu sendiri hingga terjadi pengingkatan hasil belajar pada peserta didik.(Saulina & Untari, n.d.)
Agar kurikulum Merdeka dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, para pendidik harus terus memperluas ilmunya, berperan aktif dalam mendorong dan mendukung siswa baik di dalam maupun di luar kelas, serta membina perkembangan siswa sesuai dengan prinsip-prinsip memajukan Pancasila proyek pembelajaran untuk mendukung. Ini akan memungkinkan Anda untuk sukses dalam lingkungan kompetitif di masa depan.(Syahfitri Purnama & Pawiro, 2023)
Pendidik sekolah mengembangkan rencana pengajaran bahasa Inggris dan memandu upaya pembelajaran berbasis proyek sampai siswa mencapai kemahiran dan kinerja yang terpuji pada akhir tahun ajaran. Mengingat bahasa Inggris merupakan lingua franca dunia, maka perlu dikuasai agar tidak ketinggalan di era globalisasi.(Syahfitri Purnama & Pawiro, 2023)
Referensi
22453-Article Text-74199-1-10-20231220 (1). (n.d.).
Saulina, H., & Untari, E. (n.d.). Implementasi Permainan Edukatif pada Pendekatan Pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Implementation of Educational Games in Teaching at the Right Level (TaRL) Learning Approach in Class V of Public Elementary School. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 44–54. https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p44-54
Syahfitri Purnama, & Pawiro, M. A. (2023). Implementation of the Independent Curriculum to Improve the Quality of Learning English. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 6(3), 674–688. https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i3.67645
Wijaya, A. A., Syarifuddin, & Asmi, A. R. (2022). Learning Media Based on Local History in Improving the Quality of Distance Learning. Journal of Education Research and Evaluation, 6(4), 748–758. https://doi.org/10.23887/jere.v6i4.46484
Wiyatun, S. (2023). Peran Guru dalam Implementasi Program Pembiasaan Kemandirian di Sekolah Dasar untuk Mendorong Pembentukan Karakter. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(4), 118–123. https://doi.org/10.56393/decive.v3i4.2016