Baca Juga
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitasmodel Pembelajaran Berbasis Masalah., salah satu pendekatanyang di anggap dapat meningkatkan kemampuanberpikirkritis, efektik dalam pembelajaran biologi. Oleh karna itu, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasismasalah adalah cara yang efektik untuk meningkatkankemampuan berpikir kritis. (Agnesa & Rahmadana, n.d.)
Fokus penelitian ini adalah guru penggerak di sekolahdasar dan peran mereka. Program guru penggerak inibertujuan untuk mengembangkan guru yang mampu Menjadipemimpin dalam pembelajaran melalui model pembelajaranyang dapat merangsang perkembangan siswa secara optimal keseluruhan. Diharapkan bahwa guru penggerak secara aktifdan proaktif mendorong guru lain untuk menerapkanpembelajaran berpusat pada peserta didik. Penelitian inidilakukan melalui pengumpulan literatur tentang guru penggerak, termasuk buku dan jurnal. Pengelolahan data yang digunakan sangat penting untuk mendalami lebih lanjuttentang guru motivator dan kontribusi mereka.(Tangahu, n.d.)
Informasi dikumpulkan melalui metode penelitiankualitatif. Data dianalisis menggunakan teknik heuristic dan Model analisis Miles dan Huberman. Dipandang sebagailangkah penting untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan kemampuan guru, elemen Hal yang penting untukdipertimbangkan adalah sikap, keterampilan, dan kompetensipribadi anak dalam aspek kognitif mereka, serta keterlibatansiswa dalam strategi pembelajaran yang didesain oleh guru..(Monika et al., 2024)
Permasalahan pembelajaran dapat menghalangipencapaian tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, identifikasimasalah ini adalah langkah pertama sebelum tindakan lanjut, yaitu pencegahan dan penyelesaian masalah. Tujuan Dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan apapun yang dihadapi siswa dalam. pembelajaran. Penelitiandeskriptif ini menggunakan metodologi kualitatif.(Azizah & Alberida, 2021)
Profil siswa Pancasila diharapkan mencakupKemampuan untuk berpikir kritis dan belajar secara mandiri..Guru, sebagai perancang pembelajaran, memainkan peranpenting dalam mengembangkan keterampilan ini. Tujuan daripenelitian ini untuk mengidentifikasi peranan guru dalammeningkatkan Kemampuan siswa untuk belajar mandiri danMeningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasarmelalui proyek yang mendukung karakteristik siswaPancasila. Penelitian ini mengadopsi metode literatur denganmengumpulkan artikel, jurnal, buku, dan studi sebelumnyayang berkaitan dengan topik ini.(Juraidah & Hartoyo, 2022)
Penelitian ini memanfaatkan informasi dari penelitiansebelumnya. Tujuan artikel ini adalah untuk mengulaspendekatan saintifik dalam pembelajaran geometri dan akanmenguraikan berbagai strategi pengajaran yang dapatditerapkan..(Kunfiana et al., 2024)
Referensi
Agnesa, O. S., & Rahmadana, A. (n.d.). Model Problem-Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan BerpikirKritis pada Pembelajaran Biologi (Vol. 3). Online.
Azizah, N., & Alberida, H. (2021). Journal for Lesson and Learning Studies Seperti Apa Permasalahan PembelajaranBiologi pada Siswa SMA? 4(3), 388–395. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS
Juraidah, J., & Hartoyo, A. (2022). PERAN GURU DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KEMANDIRNAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal PenelitianPendidikan Dasar, 8(2), 105–118. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1719
Kunfiana, E., Rahmatika, T. I., Prihantoro, I. F., & Susilo, I. E. (2024). Studi Literatur: Implementasi Pendekatan Saintifikdalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis SiswaSMP Materi Geometri. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 475–481. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Monika, D., Magta, M., & Rose, D. E. (2024). Peran Program Kelas dalam Membina Literasi Sains pada Anak Usia Dini. 2(2), 176–187. https://journal.pandawan.id/mentari/article/view/490
Tangahu, W. (n.d.). PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam MenyambutEra Masyarakat 5.0” PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR: GURU SEBAGAI PENGGERAK.