Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

05 July 2024

Peran Guru Dalam Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Selama Pembelajaran

Baca Juga

 Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitasmodel Pembelajaran Berbasis Masalah., salah satu pendekatanyang di anggap dapat meningkatkan kemampuanberpikirkritisefektik dalam pembelajaran biologi. Oleh karna itudapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasismasalah adalah cara yang efektik untuk meningkatkankemampuan berpikir kritis(Agnesa & Rahmadana, n.d.)

Fokus penelitian ini adalah guru penggerak di sekolahdasar dan peran mereka. Program guru penggerak inibertujuan untuk mengembangkan guru yang mampu Menjadipemimpin dalam pembelajaran melalui model pembelajaranyang dapat merangsang perkembangan siswa secara optimal keseluruhanDiharapkan bahwa guru penggerak secara aktifdan proaktif mendorong guru lain untuk menerapkanpembelajaran berpusat pada peserta didikPenelitian inidilakukan melalui pengumpulan literatur tentang guru penggeraktermasuk buku dan jurnalPengelolahan data yang digunakan sangat penting untuk mendalami lebih lanjuttentang guru motivator dan kontribusi mereka.(Tangahu, n.d.)

Informasi dikumpulkan melalui metode penelitiankualitatif. Data dianalisis menggunakan teknik heuristic dan Model analisis Miles dan Huberman. Dipandang sebagailangkah penting untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan kemampuan guru, elemen Hal yang penting untukdipertimbangkan adalah sikapketerampilan, dan kompetensipribadi anak dalam aspek kognitif merekaserta keterlibatansiswa dalam strategi pembelajaran yang didesain oleh guru..(Monika et al., 2024)

Permasalahan pembelajaran dapat menghalangipencapaian tujuan pembelajaran. Oleh karena ituidentifikasimasalah ini adalah langkah pertama sebelum tindakan lanjutyaitu pencegahan dan penyelesaian masalahTujuan Dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan apapun yang dihadapi siswa dalampembelajaranPenelitiandeskriptif ini menggunakan metodologi kualitatif.(Azizah & Alberida, 2021)

Profil siswa Pancasila diharapkan mencakupKemampuan untuk berpikir kritis dan belajar secara mandiri..Guru, sebagai perancang pembelajaranmemainkan peranpenting dalam mengembangkan keterampilan iniTujuan daripenelitian ini untuk mengidentifikasi peranan guru dalammeningkatkan Kemampuan siswa untuk belajar mandiri danMeningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasarmelalui proyek yang mendukung karakteristik siswaPancasila. Penelitian ini mengadopsi metode literatur denganmengumpulkan artikeljurnalbuku, dan studi sebelumnyayang berkaitan dengan topik ini.(Juraidah & Hartoyo, 2022)

Penelitian ini memanfaatkan informasi dari penelitiansebelumnyaTujuan artikel ini adalah untuk mengulaspendekatan saintifik dalam pembelajaran geometri dan akanmenguraikan berbagai strategi pengajaran yang dapatditerapkan..(Kunfiana et al., 2024)

 

 

Referensi

Agnesa, O. S., & Rahmadana, A. (n.d.). Model Problem-Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan BerpikirKritis pada Pembelajaran Biologi (Vol. 3). Online.

Azizah, N., & Alberida, H. (2021). Journal for Lesson and Learning Studies Seperti Apa Permasalahan PembelajaranBiologi pada Siswa SMA? 4(3), 388–395. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS

Juraidah, J., & Hartoyo, A. (2022). PERAN GURU DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KEMANDIRNAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal PenelitianPendidikan Dasar8(2), 105–118. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1719

Kunfiana, E., Rahmatika, T. I., Prihantoro, I. F., & Susilo, I. E. (2024). Studi LiteraturImplementasi Pendekatan Saintifikdalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis SiswaSMP Materi GeometriPRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika7, 475–481. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma

Monika, D., Magta, M., & Rose, D. E. (2024). Peran Program Kelas dalam Membina Literasi Sains pada Anak Usia Dini2(2), 176–187. https://journal.pandawan.id/mentari/article/view/490

Tangahu, W. (n.d.). PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam MenyambutEra Masyarakat 5.0” PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR: GURU SEBAGAI PENGGERAK.

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman