Baca Juga
PERMASALAHAN AKSES DAN KUALITAS PENDIDIKAN DI DAERAH TERPENCIL
“Pendidikan sendiri di atur dalam undang undang No 20 Tahun 2003 yang dimana pendidikan sebagai suatu perubahan sikap dan tata laku seorang atau kelompok orang untuk menjadi dewasa dengan adanya pelatihan pengajaran”(Subarna, 2020) jadi Pendidikan adalah suatu wadah untuk memanusiakan manusia,yang dimana masyarakat di negara berhak dan wajib menempuh pendidikan tanpa terkecuali, pendidikan sendiri bertujuan untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi diri. pentingnya pendidikan di daerah terpencil yaitu pedidikan merupakan suatu hal penting bagi anak bangsa.namun nyata pendidikan di indonesia sendiri belum mereta hingga ke daerah terpencil atau pendalaman yang belum bisa menikmati pendidikan dengan layak
“Pasalnya, kualitas pendidikan di Indonesia masih terbilang rendah dan memerlukan perhatian lebih serius” (Aprilia, 2023) dari banyak permasalahan pendidikan salah satunya kualitas pendidikan bagaimana mutu pendidikan ingin tercapai jika kualitas pendidikan saja tidak diatasi dengan baik maka akan semakin memperburuk kualitas pendidikan di Indonesia.banyak sekali aspek beberapa daerah terpelosok memiliki tingkat kualitas pendidikan yang rendah, diantaranya kurang nya atau tidak ada nya fasilitas yang cukup untuk memenuhi sistem pembelajaran dan minim nya tenaga pendidik.kemudian akses ke sekolah yang sulit serta ada beberapa faktor yaitu kemiskinan.
“Akses terhadap pendidikan masih menjadi tantangan serius di daerah terisolir.(Murah, 2023).dapat diketahui bahwa akses pendidikan dibilang sangat memperihatinkan karena pemerintah daerah kurang perhatian terhadap daerah terpencil, sehingga akses pendidikan sangat sulit biasanya yang menjadi faktor kesulitan terjadi karena kurangnya infrastruktur yang sangat terbatas, jarak dari rumah ke sekolah sangat jauh sehingga susah dijangkau dengan kendaraan dan adanya keterbatasan sumber daya manusia serta finansial.dengan adanya permasalahan ini menjadi pengaruh dalam kualitas pendidikan di Indonesia terutama di daerah terpencil.
"Menurut Mentri pendidikan dan kebudayaan terdapat 12 ribu sekolah di Indonesia yang belum memiliki akses internet maupun pendidikan yang layak”,memang teknologi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari namun ada kesenjangan digital di Indonesia yang belum merata khususnya di daerah terpencil, mungkin dari segi infrastruktur internet belum berkembang dengan baik sehingga para pendidik dan guru sulit untuk terhubung ke internet dengan baik.tidak hanya akses internet saja yang menjadi hambatan kualitas pendidikan pengajaran juga menjadi salah satunya yaitu kurang fasilitas yang layak seperti ruang kelas yang nyaman,papan tulis dan meja serta bangku yang layak untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran yang layak.
Dalam hal ini pemerintah sudah memberikan bantuan berupa dana BOS untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang dimana dana tersebut di dapatkan dari anggaran pendaftaran dan belanja negara dan anggaran ini bisa digunakan untuk belanja non personalia pendidikan sekolah.dana ini dapat digunakan untuk meningkatkan prasarana sekolah mulai dari ruang kelas,ruang membaca serta kegiatan seperti ekstrakurikuler.dengan adanya bantuan ini pemerintah pusat maupun daerah mengharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan.
Daftar References
Aprilia, Z. (2023). masalah. 464195.
https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20230818182012-25-464195/bukan-cuma-teknologi-pendidikan-ri-butuh-ini
CNN. (2020). Kemendikbud: 12 Ribu Sekolah Tak Punya Akses Internet. Cnnindonesia.Com,
10–14.
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201022123707-20-561482/kemendikbud-12-ribu-sekolah-tak-punya-akses-internet
Mamarimbing, F. R. (2024, May 16). Infrastruktur Teknologi Pendidikan
yang Diperlukan. 2024. https://guruinovatif.id/artikel/peran-penting-teknologi-dalam-meningkatkan-akses-pendidikan-di-indonesia-tahun-2024
Murah, E. D. (2023). faktor yang menyebabkan sekolah terpencil sulit di
jangkau.
https://www.kompasiana.com/lutfiahastiningrum3892/655ab92bedff76162909f2c2/sulitnya-akses-pendidikan-di-daerah-terisolir
Subarna, A. ganjar. (2020). definisi pendidikan. August,
1–10. https://www.wacana-edukasi.com/pengertian-pendidikan-dan-pembelajaran/
Viranti, A. S. (2024). Problematika Pendidikan di Pelosok. 1–7.
https://www.liputan6.com/citizen6/read/5212149/problematika-pendidikan-di-pelosok-indonesia-ini-strategi-kemendikbud-mengatasi-pendidikan-di-daerah-terpencil?page=3
Wijaya, D. (2023). Bantuan Dana BOS , Tingkatkan Mutu dan Kualitas
Pendidikan. 1–5. peran teknologi dalam mendukung inklusi pendidikan menjadi
semakin penting dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi generasi
muda Indonesia.os-tingkatkan-mutu-dan-kualitas-pendidikan