Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

04 July 2024

PERMASALAHAN AKSES DAN KUALITAS PENDIDIKAN DI DAERAH TERPENCIL

Baca Juga

 

PERMASALAHAN AKSES DAN KUALITAS PENDIDIKAN DI DAERAH TERPENCIL

 Sumber:makassar.tribunnews.com

        “Pendidikan sendiri di atur dalam undang undang No 20 Tahun 2003 yang dimana pendidikan sebagai suatu perubahan sikap dan tata laku seorang atau kelompok orang untuk menjadi dewasa dengan adanya pelatihan pengajaran”(Subarna, 2020) jadi Pendidikan adalah suatu wadah untuk memanusiakan manusia,yang dimana masyarakat di negara berhak dan wajib menempuh pendidikan tanpa terkecuali, pendidikan sendiri bertujuan untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi diri. pentingnya pendidikan di daerah terpencil yaitu pedidikan merupakan suatu hal penting bagi anak bangsa.namun nyata pendidikan di indonesia sendiri belum mereta hingga ke daerah terpencil atau pendalaman yang belum bisa menikmati pendidikan dengan layak

       “Pasalnya, kualitas pendidikan di Indonesia masih terbilang rendah dan memerlukan perhatian lebih serius” (Aprilia, 2023) dari banyak permasalahan pendidikan salah satunya kualitas pendidikan bagaimana mutu pendidikan ingin tercapai jika kualitas pendidikan saja tidak diatasi dengan baik maka akan semakin memperburuk kualitas pendidikan di Indonesia.banyak sekali aspek beberapa daerah terpelosok memiliki tingkat kualitas pendidikan yang rendah, diantaranya kurang nya atau tidak ada nya fasilitas yang cukup untuk memenuhi sistem pembelajaran dan minim nya tenaga pendidik.kemudian akses ke sekolah yang sulit serta ada beberapa faktor yaitu kemiskinan.

       “Akses terhadap pendidikan masih menjadi tantangan serius di daerah terisolir.(Murah, 2023).dapat diketahui bahwa akses pendidikan dibilang sangat memperihatinkan karena pemerintah daerah kurang perhatian terhadap daerah terpencil, sehingga akses pendidikan sangat sulit biasanya yang menjadi faktor kesulitan terjadi karena kurangnya infrastruktur yang sangat terbatas, jarak dari rumah ke sekolah sangat jauh sehingga susah dijangkau dengan kendaraan dan adanya keterbatasan sumber daya manusia serta finansial.dengan adanya permasalahan ini menjadi pengaruh dalam kualitas pendidikan di Indonesia terutama di daerah terpencil.

    "Menurut Mentri pendidikan dan kebudayaan terdapat 12 ribu sekolah di Indonesia yang belum memiliki akses internet maupun pendidikan yang layak”,memang teknologi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari namun ada kesenjangan digital di Indonesia yang belum merata khususnya di daerah terpencil, mungkin  dari segi infrastruktur internet belum berkembang dengan baik sehingga para pendidik dan guru sulit untuk terhubung ke internet dengan baik.tidak hanya akses internet saja yang menjadi hambatan kualitas pendidikan pengajaran juga menjadi salah satunya yaitu kurang fasilitas yang layak seperti ruang kelas yang nyaman,papan tulis dan meja serta bangku yang layak untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran yang layak.

    “peran teknologi sangat penting untuk mendukung pendidikan yang maju untuk generasi muda indonesia” (Mamarimbing, 2024) Teknologi memiliki peran penting dalam mendukung pendidikan yang sangat maju untuk generasi Indonesia, transformasi digital sudah bisa digunakan banyak orang untuk mendapatkan akses pendidikan tanpa adanya batasan.namun masih sebagaian orang yang tidak memiliki Akses teknologi seperti di daerah terpencil karena adanya kendala dalam jaringan teknologi dan listrik seharusnya pemerintah daerah lebih meningkat kan akses digital di wilayah tersebut serta meningkatkan infrastruktur

     Dalam hal ini pemerintah sudah memberikan bantuan berupa dana BOS untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang dimana dana tersebut di dapatkan dari anggaran pendaftaran dan belanja negara dan anggaran ini bisa digunakan untuk belanja non personalia pendidikan sekolah.dana ini dapat digunakan untuk meningkatkan prasarana sekolah mulai dari ruang kelas,ruang membaca serta kegiatan seperti ekstrakurikuler.dengan adanya bantuan ini pemerintah pusat maupun daerah mengharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan.

     Pemerintah menangapi masalah ini hanya dengan memberikan dana dan solusi tanpa mengetahui faktor utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan, mungkin jika kita lihat faktor dari kualitas pendidikan salah satunya faktor kesejahteraan masyarakat.baiknya pemerintah pusat maupun daerah lebih memperhatikan masyarakat agar tidak terjadi kesenjangan dalam pendidikan mungkin dengan cara memberikan bantuan pribadi kepada peserta didik yang memang benar sangat membutuhkan bantuan dana dari pemerintah

      Apakah dengan adanya bantuan BOS sudah meningkatkan kualitas pendidikan di daerah? Menurut saya dengan adanya bantuan dana BOS masih belum cukup untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terpencil.karena dana yang diberikan hanya sebagai penunjang anggaran dalam pembelajaran.permasalahan akses peserta didik biasanya jarak dari rumah ke sekolah dimana tidak adanya akses moda transportasi yang bisa diakses atau dilalui oleh para peser didik.jadi yang perlu di tegaskan kembali pemerintah daerah bagaimana masalah akomodasi ini bisa bagus agar para peserta didik semangat dalam pembelajaran di sekolah.Jadi dengan adanya dana BOS belum merata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terpencil

 


Daftar References

 

Aprilia, Z. (2023). masalah. 464195. https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20230818182012-25-464195/bukan-cuma-teknologi-pendidikan-ri-butuh-ini

CNN. (2020). Kemendikbud: 12 Ribu Sekolah Tak Punya Akses Internet. Cnnindonesia.Com, 10–14. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201022123707-20-561482/kemendikbud-12-ribu-sekolah-tak-punya-akses-internet

Mamarimbing, F. R. (2024, May 16). Infrastruktur Teknologi Pendidikan yang Diperlukan. 2024. https://guruinovatif.id/artikel/peran-penting-teknologi-dalam-meningkatkan-akses-pendidikan-di-indonesia-tahun-2024

Murah, E. D. (2023). faktor yang menyebabkan sekolah terpencil sulit di jangkau. https://www.kompasiana.com/lutfiahastiningrum3892/655ab92bedff76162909f2c2/sulitnya-akses-pendidikan-di-daerah-terisolir

Subarna, A. ganjar. (2020). definisi pendidikan. August, 1–10. https://www.wacana-edukasi.com/pengertian-pendidikan-dan-pembelajaran/

Viranti, A. S. (2024). Problematika Pendidikan di Pelosok. 1–7. https://www.liputan6.com/citizen6/read/5212149/problematika-pendidikan-di-pelosok-indonesia-ini-strategi-kemendikbud-mengatasi-pendidikan-di-daerah-terpencil?page=3

Wijaya, D. (2023). Bantuan Dana BOS , Tingkatkan Mutu dan Kualitas Pendidikan. 1–5. peran teknologi dalam mendukung inklusi pendidikan menjadi semakin penting dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi generasi muda Indonesia.os-tingkatkan-mutu-dan-kualitas-pendidikan

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman